結構大々的

ゲストブックにsariさんが書き込んでくれたことで知った「名誉師範」の存在。結構大々的に授与式が行われたみたい。テレビカメラまで入ってるよ。
Dubes Jepang Dianugerahi Gelar Pendekar ← SCTVのサイトより。
著作権的にヤバそうだけど、↓はJKT新聞より。

記事本文はSCTVのサイトからコピペ。

Liputan6.com, Jakarta: Persekutuan Silat Antarbangsa (Persilat) memberikan gelar pendekar kehormatan kepada Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yutaka Iimura atas jasanya memperkenalkan beladiri tradisional Indonesia di Negeri Sakura, baru-baru ini. Selain sebagai upaya mengembangkan pencak silat di kancah internasional, pemberian gelar kehormatan ini diharapkan dapat membina hubungan baik kedua negara melalui olahraga.

Bagi Yutaka, anugerah gelar kehormatan ini merupakan hadiah sebelum meninggalkan Indonesia setelah masa tugasnya berakhir pertengahan bulan ini. Ia berharap beladiri bisa menjadi pengikat tali persaudaraan antara dua negara.

Sementara Persilat dengan peran Yutaka berharap pencak silat bisa lebih dikenal tidak hanya di Jepang melainkan di negara lain tempatnya bertugas sebagai duta besar. Rencananya, dalam waktu dekat Persilat akan menggelar kompetisi pencak silat internasional dan melakukan promosi ke negara-negara lain. Selama bertugas di Indonesia, Yutaka dikenal ahli beladiri tradisional Jepang, Iaido.

Pencak silat saat ini sudah dikenal hingga 25 negara. Di antaranya Belanda, Spanyol, Belgia dan Jepang. Dibanding negara lain, perkembangan pencak silat di Jepang cukup potensial. Disebut-sebut pencak silat berkembang di sana karena jasa Yutaka.(YYT/Widyaningsih dan Rudi Utomo)

ヘーホーフーン・・・・って感じ。
「飯村前大使の存在によりオランダやスペインに比べ日本でのプンチャック・シラット発展の可能性は高い」んだそうだ。(黄色字部分)
まあ、こういう記事だからね、持ち上げて終わるにしても、今現在、オランダやスペインといったヨーロッパ諸国と比べると日本の競技人口は桁が1つ、下手したら2つ違うんですけど。この状況を本部はどう認識してるんだか・・・